Recipe: Tasty Sate Kambing khas Solo

Sate Kambing khas Solo. KOMPAS.com - Olahan daging kurban beragam, bahkan kreasi sate Nusantara ada banyak. Bagi kamu yang mendapat daging kambing, sate buntel khas Solo dapat jadi alternatif makanan Idul Adha. Sate buntel khas Solo ini adalah sate dari daging yang dibungkus atau "dibuntel" dengan lembaran lemak kambing.

Sate Kambing khas Solo Namanya sate buntel, cincangan daging kambing segar dibungkus lembaran lemak. Sekadar Beauty tahu aja nih, Sate Buntel Kambing ini menjadi salah satu kuliner khas Solo yang paling banyak dicari lho! Sate ini diolah dari daging kambing muda yang dibungkus dengan lapisan lemak. You can cook Sate Kambing khas Solo using 14 ingredients and 4 steps. Here is how you achieve that.

Ingredients of Sate Kambing khas Solo

  1. Prepare 20 tusuk of daging kambing.
  2. You need 3 sachet of kecap manis.
  3. Prepare 1 sdt of lada bubuk.
  4. You need of Bumbu celup.
  5. You need 1 sdt of ketumbar bubuk.
  6. It's 5 siung of bawang putih.
  7. It's 4 siung of bawang merah.
  8. You need 1 sdt of garam.
  9. It's 2 sachet of kecap manis.
  10. Prepare of Bahan tambahan.
  11. Prepare of Kol.
  12. You need of Tomat.
  13. Prepare of Bawang merah.
  14. Prepare of Timun.

Biasanya, Sate Buntel Kambing ini disajikan dengan sambal kecap, irisan kol, tomat, dan bawang merah. KOMPAS.com - Bagi kamu pecinta sate kambing, pasti familier dengan sate kambing Solo yang khas. Rasa manis yang kuat dari kecap jadi ciri khas sate dari daerah ini. Bakar sate kambing hingga matang sambil dibolak-balik dan diolesi sisa bumbu.

Sate Kambing khas Solo step by step

  1. Siapkan bahan sate dan bumbu celupnya.
  2. Haluskan bumbu celup, kemudian campur dengan kecap manis.
  3. Bumbui daging dengan bumbu celup sampai merata, diamkan beberapa saat sambil siapkan arang untuk membakar sate.
  4. Bakar sate dengan arang sampai tercapai kematangan yang diinginkan, tata dalam wadah ; sate, kol, tomat, timun, bawang merah, kemudian guyur sate dengan kecap manis dan taburi dengan lada bubuk.

Setelah matang, angkat dan letakkan pada piring saji. Campur semua bahan pelengkap dan peras jeruk purut ke atas sate. Sate kambing muda khas Solo dengan aroma menggugah siap dihidangkan. Sate kambing menjadi sajian yang paling umum dimasak saat Idul Adha tiba, berikut cara membuat bumbu celup sate kambing lezat dan nikmat. Sebelum membuat sate kambing, sebaiknya daging yang akan dibakar terlebih dahulu dicelupkan ke dalam bumbu.

Comments